Trik Masak Sate Ayam Spesial di Inggris/UK

Halah, judulnya kok agak lebay ya ,,, pake kata Trik segala, padahal cuma masak sate ayam.
Tapi tunggu, baca dulu penjelasan di postingan ini sampai selesai.


Minimal 3 ALASAN utama kenapa masak sate ayam di UK memang spesial (baca: tidak mudah)
  1. Adanya Smoke detector di seluruh jenis bangunan di UK, termasuk rumah. Ada asap yang banyak dikit aja, detector-nya udah berbunyi. Itulah kenapa orang-orang ngadain Barbecue-an di luar rumah, di kebun atau di taman.
  2. Arang susah didapetin (waktu itu), adanya yg mirip batubara.
  3. Tusuk satenya juga agak susah dicari,waktu itu adanya hanya di eBay. Kalo sekarang hampir semua supermarket sudah menyediakan tusuk sate.

Nah, sekarang saya kasih trik untuk TETAP BISA memasak sate di rumah sewa kami di UK.
  1. Untuk memasak sate ayam/sapi. Belilah daging ayam di toko halal food yang potongannya tanpa tulang. Namanya chicken fillet. Harga memang lebih mahal, yaitu £ 4 per kilogram
  2. Kemudian chicken fillet tadi kita potong seperti dadu. Jangan terlalu kecil potongannya karena akan hancur begitu kita pasang di tusuk sate.
  3. Kita tidak perlu membeli arang. Gunakan saja pan atau penggorengan yang lebar dan  datar/bukan cekung. Kalau kami dulu menggunakan grill pan
  4. Sesudah semua potongan daging ayam terpasang di tusuk sate, selanjutnya kita rendam ke dalam adonan bumbu kemudian masukan ke dalam pan yang sudah panas. Setelah sate ayam setengah matang (berubah warna dari agak pink menjadi putih) maka kita angkat dan rendam ke dalam adonan bumbu dan kecap. Masukkan lagi ke dalam pan, dibolak-balik, dan tunggu hingga matang.

Menu masakan sate ayam ini sangat ditunggu-tunggu oleh teman-teman di Colchester, UK. Alasannya karena rasa, warna, bentuk dan penyajiannya mirip banget sama yang di Indonesia, begitu kata teman-teman.
Misalkan ada acara kumpul2 warga Indonesia yg di Colchester UK, seperti pertemuan rutin bulanan, pengajian, buka puasa, dan tempatnya di rumah kami, pasti ada menu sate ayam ini yang jadi favorit, plus sambal terasi 164. Mantap !

0 komentar: